ABBA Terima Penghargaan Tertinggi Swedia atas Kontribusi di Musik

ABBA Terima Penghargaan Tertinggi Swedia atas Kontribusi di Musik

Grup musik ABBA reuni untuk menerima salah satu penghargaan tertinggi dari Swedia, Royal Order of Vasa.

Keempat personel grup musik itu berkumpul kembali di Istana Kerajaan di Stockholm pada Jumat (31/5) untuk menerima penghargaan yang diserahkan oleh Raja Carl XVI Gustaf.

Dilansir Reuters, Pengadilan Kerajaan menilai ABBA pantas diganjar Royal Vasa Order “atas kontribusinya yang luas biasa dalam kehidupan musik Swedia dan internasional”.

Ini merupakan momen yang langka lantaran grup yang populer di era 1970-an itu jarang terlihat bersama di publik. Kali ini, ABBA reuni kembali setelah sekian lama.

Agnetha Faltskog dan Anni-Frid Lyngstad terlihat menghadiri acara itu memakai baju formal bernuansa putih. Adapun Lyngstad yang akrab disapa Frida kini berjalan memakai tongkat.

Sedangkan, dua personel laki-laki ABBA, yaitu Benny Andersson dan Bjorn Ulvaeus, hadir mengenakan jas bernuansa biru tua.

Kepada saluran TV4 Swedia, Ulvaeus merasa “sangat emosional” karena ABBA menerima Royal Vasa Order. Terutama, karena penghargaan itu berasal dari masyarakat Swedia.

Swedia memiliki lima ordo ksatria kerajaan, yaitu Royal Order of the Seraphim, Order of the Sword, Order of the Polar Star, Order of Vasa, dan Order of Charles XIII sebagai ordo yang terbaru.

Order of Vasa ini ditemukan oleh Raja Gustav III pada 29 Mei 1772. Ordo ini diberikan kepada masyarakat Swedia atas kontribusinya di beberapa bidang, yaitu pertanian, pertambangan, dan perdagangan.

Ini pertama kalinya Swedia kembali memberikan Royal Order of Vasa setelah 50 tahun. ABBA menjadi salah satu yang menerima penghargaan ini sejak pemberian ordo ini jeda ini sejak 1974 silam.

Di saat yang bersamaan, tahun 2024 juga merupakan perayaan ke-50 tahun sejak ABBA menjadi juara Kontes Lagu Eurovision. Grup musik itu memenangkan gelar tertinggi itu di Inggris pada 1974 lewat lagu Waterloo.

Mereka merupakan grup musik asal Swedia pertama yang memenangkan kompetisi tersebut. Setelah itu, popularitas ABBA melonjak berkat lagu-lagu disko yang catchy.

Selain Waterloo dan Mamma Mia, ABBA terkenal lewat sejumlah lagu hit. Beberapa di antaranya, Dancing Queen, Chiquitita, Super Trouper, I Have A Dream, hingga Thank You For The Music.

Lagu-lagu populer ABBA bahkan dijadikan film blockbuster berjudul Mamma Mia! Yang rilis pada 2008, lalu diikuti sekuelnya pada 2018.Benny Andersson menjadi komposer lagu tambahan untuk film blockbuster itu.

Keempat personel ABBA pun juga sempat menjadi dua pasang suami istri. Agnetha Faltskog pernah menikah dengan Bjorn Ulvaeus, sementara Anni-Frid Lyngstad dengan Benny Andersson.

Namun, seiring nama ABBA yang semakin besar, hal tersebut berpengaruh pada kehidupan pribadi mereka hingga kedua pasang suami istri itu cerai.

ABBA pun membubarkan diri pada 1982. Setelah itu, mereka reuni untuk pertama kalinya pada 2016 saat tampil di sebuah acara TV. Mereka mulai aktif lagi merilis lagu hingga tampil di publik setelahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *