Aerosmith Pensiun Tur: Cedera Vokal Steven Tyler Sulit Pulih

Aerosmith Pensiun Tur: Cedera Vokal Steven Tyler Sulit Pulih

Aerosmith mengumumkan pensiun tur setelah menyelesaikan penampilan terakhirnya pada Jumat (2/8). Keputusan pensiun tur diambil setelah mengetahui cedera vokal yang dialami sang vokalis, Steven Tyler, sulit pulih.

Hal tersebut juga disampaikan setelah mereka sempat menunda sebagian tur perpisahan setelah Steven Tyler alami cedera pita suara.

“Seperti yang Anda ketahui, suara Steven adalah instrumen yang tidak ada duanya. Ia telah menghabiskan waktu berbulan-bulan tanpa lelah untuk mengembalikan suaranya ke tempatnya sebelum cedera,” kata Aerosmith dalam unggahan di media sosial, Jumat (2/8).

“Kami telah melihatnya berjuang meskipun memiliki tim medis terbaik di sisinya. Sayangnya, jelas pemulihan penuh dari cedera vokalnya tidak mungkin dilakukan.”

“Kami telah membuat keputusan yang memilukan dan sulit, tetapi perlu, – sebagai sebuah band bersaudara – untuk pensiun dari panggung tur,” pengumuman pensiun tur tersebut.

Aerosmith sejak tahun lalu menggelar pertunjukan Peace Out… Farewell Tour yang seharusnya berlangsung hingga Februari 2024. Namun, mereka menunda beberapa jadwal sejak 9 September 2023 imbas kondisi kesehatan Steven Tyler.

Tyler kala itu mengatakan sedang menderita cedera di pita suara yang cukup serius sehingga tidak diperkenankan untuk bernyanyi selama satu bulan.

Ketika tur perpisahan ditunda setelah tiga pertunjukan September 2023, saat itu pernyataan dari band tersebut mengatakan, “Sayangnya, cedera vokal Stevens lebih serius dari yang diperkirakan sebelumnya.”

“Dokternya telah mengonfirmasi bahwa selain kerusakan pada pita suaranya, ia juga mengalami fraktur laring, yang memerlukan perawatan berkelanjutan.”

Tidak ada tanggal penggantian yang yang diumumkan, selain harapan pada saat itu bahwa mereka akan menjadwalkan ulang sekitar 2024. Kini, mereka menyatakan selesai dan pensiun tur sehingga semua tanggal yang tersisa resmi dibatalkan.

Meskipun dalam pernyataan resmi tidak menyebutkan masih ada atau tidak harapan bagi Tyler untuk mengatasi masalahnya hingga memungkinkan rekaman berikutnya, band tersebut tampaknya sudah lama pensiun dari rekaman proyek baru.

Album terakhir mereka, Music From Another Dimension!, dirilis pada 2012. Tyler kemudian merilis album solo tunggal pada 2016.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua orang yang bersemangat untuk tampil bersama kami untuk terakhir kalinya. Berterima kasih kepada kru ahli kami, tim kami yang luar biasa, dan ribuan orang berbakat yang telah memungkinkan penampilan bersejarah kami.”

“Ucapan terima kasih terakhir kepada Anda – penggemar terbaik di planet Bumi. Putar musik kami dengan keras, sekarang dan selamanya. Terus lah bermimpi. Anda telah membuat mimpi kami menjadi kenyataan,” kata Aerosmith.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *